IPO Facebook dibuka, Nasdaq overload

Diposting oleh love sek on Jumat, 18 Mei 2012

IPO Facebook dibuka, Nasdaq overload
  
Love Sek - Tepatnya hari ini (18 Mei/05), Facebook telah membuka penjualan sahamnya pada pukul 11.30 waktu setempat. Penjualan diawali dengan harga pembukaan pertama sebesar USD 42 lebih tinggi dari perkiraan awal yang hanya sebesar USD 38.

Menurut Mashable.com, apabila strategi penjualan saham tersebut berhasil, maka dipastikan Mark Zuckerberg akan menjadi seorang miliuner muda mengungguli sang pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page.

Tidak sampai satu jam dari awal pembukaan, peringkat Zuckerberg langsung melejit dari peringkat 29 ke peringkat 24 untuk orang terkaya, namun tidak seberapa lama, dia kembali menduduki peringkat ke 29 sekali lagi. Peringkat Zuckerberg tersebut masih belum dapat menggeser peringkat CEO Amazon Jeff Bezos yang menduduki peringkat ke 23.

Diperkirakan, Facebook akan bernilai USD 116.6 miliar apabila Zuckerberg membuka penawaran dengan harga USD 42. Namun, masih menurut Mashable, share price tersebut turun kembali mendekati harga pertama sebesar USD 38.

Dikarenakan tingginya animo, IPO Facebook ditunda selama 30 menit. Menurut Online.Wsj.com, situs resmi Nasdaq overload dikarenakan IPO Facebook ini. Ternyata, IPO Facebook ini juga memberikan dampak yang cukup mengejutkan bagi perusahaan-perusahaan lain.

Dilaporkan bahwa stock price Zynga mengalami penurunan sebesar 13.3%, LinkedIn turun 5%, Yelp 3.6%, Renren turun 11%, dan Pandora turun 6.4%. Wow, sedemikian hebatnya IPO Facebook sampai-sampai membuat banyak kalangan yang kerepotan.

Apabila sesuai dengan perkiraan bahwa dengan IPO ini, Facebook dapat menjadi salah satu perusahaan terkaya di dunia, langkah apa selanjutnya yang akan dilakukan Zuckerberg untuk dapat terus membuat Facebook bernilai miliaran?

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

indopoker168
indopoker168